Saturday, August 20, 2016

Google Spreadsheet Solusi Data Online

Spreadsheet adalah dokumen yang menyimpan data dalam grid baris dan kolom vertikal. Baris pada spreadsheet biasanya menggunakan label nomor atau angka misalnya 1, 2, 3, 4, dan seterusnya, sedangkan kolom pada spreadsheed menggunakan label huruf misalnya A, B, C, D dan Seterusnya. Sel merupakan pertemuan antara kolom dan baris seperti C2, D4, G9 dan lain-lain. Setiap sel dapat menyimpan data baik berbentuk teks maupun angka serta dapat memasukkan rumus (formula) pada cel tersebut.

Spredsheet yang paling terkenal dan sering digunakan secara offline adalah Microsoft Office Excel. Spreadsheet online disediakan oleh Google yang dikenal dengan Google Spreadsheet yang mana dalam pengoperasiannya menggunakan koneksi internet (Dapat pula digunakan secara ofline/tanpa menggunakan koneksi internet).

Google Spreadsheet
Google Spreadsheet
Banyak keuntungan atau manfaat ketika kita menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Google ini. Beberapa manfaat yang dapat kami sajikan dalam penggunaan Google Spreadsheet adalah sebagai berikut:
  • Dapat melakukan tugas-tugas sebagaimana kita melakukannya pada Microsoft Office Excel seperti: 
  1. Membuat tabel, 
  2. Perhitungan yang menggunakan tabel, 
  3. Membuat laporan keuangan, penjualan, pembelian, daftar gaji dan lainnya.
  4. Membuat Grafik,
  5. Perhitungan menggunakan rumus statistik,
  6. Dan masih banyak lagi.
  • Google Spreadsheet dapat diakses dimana saja, baik menggunakan komputer, tablet, maupun ponsel. Baik dengan atau tanpa koneksi internet.
  • Dengan Google Spreadsheet, siapa saja dapat bekerja bersama pada spreadsheet yang sama di waktu yang sama.
  • Semua perubahan akan disimpan secara otomatis, bahkan kita dapat menggunakan riwayat revisi untuk melihat versi lama dari spreadsheet yang sama, diurutkan berdasarkan tanggal dan siapa yang membuat perubahan.
  • Dapat chatting ketika sedak mengedit/kerja.
Berdasarkan pengalaman kami menggunakan google spreadsheet, kami mendapatkan manfaat tersebut dan sangat baik digunakan untuk menggunakannya dalam pelaporan data online.

Pada pembahasan berikutnya kami akan mencoba membahas tentang bagaimana memanfatkan dan menggunakan google spreadsheet.

1 comment :

  1. Para Operator di sekolah sering disibukan dengan pekerjaan ini, karena sifatnya online, memang ini sangat mempermudah pekerjaan para operator pusat, atau operator yang diatasnya lagi

    ReplyDelete

Berikan komentar anda pada kolom komentar, Harap tidak menautkan link aktif.

Pos Terbaru